Infrastruktur MI Muhammadiyah Kupang dirancang untuk
mendukung implementasi “Pembelajaran Mendalam(DeepLearning)” meski
dengan keterbatasan yang ada. Tujuh ruang kelas didesain fleksibel dengan
berbagai sudut pembelajaran yang memungkinkan anak bereksplorasi sesuai minat
dan kebutuhan mereka. Halaman yang
tersedia bisa digunakan untuk area bermain anak saat jam istirahat dan
lingkungan sekitar yang berupa bentangan sawah yang luas menjadi laboratorium
alam untuk pembelajaran sains dan lingkungan.
Keberadaan perpustakaan mini dengan koleksi buku mendukung pengembangan literasi dan imajinasi anak. Pojok baca di setiap kelas memungkinkan pembelajaran yang berpusat pada anak, dimana mereka dapat memilih aktivitas sesuai minat dan tahap perkembangannya. Kebun madrasah yang dikelola bersama anak-anak menjadi media pembelajaran tentang tanggung jawab, kesabaran, dan siklus kehidupan.
Meski demikian, madrasah menyadari perlunya pengembangan fasilitas lebih lanjut untuk mendukung implementasi “Pembelajaran Mendalam(DeepLearning)” yang optimal. Rencana pengembangan meliputi pembuatan ruang laboratorium IPAS untuk eksperimen sains sederhana, mushola untuk sarana ibadah, dan area dokumentasi yang lebih baik untuk menyimpan dan menampilkan hasil karya anak sebagai bagian dari asesmen portofolio

Posting Komentar