MI
Muhammadiyah Kupang semenjak didirikan melalui Madrasah Diniyah berperanan penting untuk umat Islam mengambil posisi terdepan, yang dipimpin oleh para kyai
dan ulama di Desa Kupang merasa bertanggungjawab untuk mensyiarkan dakwah Islam. Yaitu dengan jalan melalui
bidang pendidikan. Sehingga pada
tanggal
15 Januari 1951 di inisiasi oleh Bapak Amir Qomari, untuk mendirikan sebuah Madrasah yang bersifat formal
seperti sekarang ini dengan lembaga Madrasah Ibtidaiyah yaitu Madrasah
Ibtidaiyah Muhammadiyah Kupang.
Saat
ini madrasah meyakini bahwa lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan kondusif
dapat mendukung berkembangnya pengetahuan, mengasah keterampilan, serta
membentuk sikap belajar yang baik dari siswa. Lingkungan Madrasah ini dirancang
sesuai dengan tujuan pendidikan yang dapat dimanfaatkan siswa sebagai sumber
belajar dan laboratorium sosialisasi. Pendampingan aktif dari guru-guru
dilakukan saat siswa berinteraksi untuk memastikan proses sosialisasi siswa
berjalan sesuai yang diharapkan.
MI Muhammadiyah Kupang meyakini bahwa literasi merupakan kebutuhan
dasar dalam belajar dan berkomunikasi. Keterampilan ini akan berkembang
maksimal apabila siswa berada dalam lingkungan belajar yang literat (literate
environment).
Untuk mewujudkan hal ini, sekolah memperkaya lingkungannya dengan berbagai perangkat literasi yang dapat ditemukan siswa di dalam maupun di luar kelas. Lingkungan sekolah memiliki beragam lingkungan yang agamis, permainan tradisional, sarana olah raga dan tanaman mulai dari tanaman hias, dan apotek hidup yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar siswa.
MI Muhammadiyah Kupang berada di lingkungan pedesaan dengan karakteristik yang cenderung homogen dalam kehidupan sosial budaya kemasyarakatan, adat istiadat, mata pencaharian. Hal ini menambah referensi Sekolah untuk siswa dalam mengenal dan melestarikan akan budaya di lingkungan terdekatnya
MI Muhammadiyah Kupang ini dibangun dengan pertimbangan tata letak bangunan yang memberikan kemudahan akses untuk kegiatan belajar. Hal ini dapat di lihat dari tata letak ruang belajar yang berada dipinggir jalan raya sehingga mempermudah akses seluruh warga madrasah untuk melakukan mobilitas baik untuk kegiatan belajar mengajar maupun proses administrasi.
Adapun batas – batas dari lokasi MI Muhammadiyah Kupang adalah sebelah utara berbatasan dengan Desa Jetis Juwiring, sebelah barat berbatasan dengan Desa Kaligawe Pedan sebelah selatan berbatasan dengan Desa Karangwungu Karangdowo, sebelah timur berbatasan dengan Desa Bakungan Karangdowo.

Posting Komentar